Jumlah sarjana yang mampu menciptakan lapangan kerja masih sangat terbatas. Hal ini disebabkan rendahnya kemampuan dalam berwirausaha dan kendala modal serta kesempatan, walaupun di sisi lain mahasiswa mempunyai potensi yang bagus untuk pengembangan diri karena sudah memahami Ipteks yang dipelajarinya. Jiwa kewirausahaan tidak mungkin hanya ditumbuhkan melalui pengajaran saja, namun harus diiringi dengan pelatihan diri dan pembinaan secara intensif melalui kerja nyata berwirausaha. Kesempatan dan modal berwirausaha akan lebih mudah diperoleh apabila mahasiswa telah memiliki pengalaman praktis menerapkan Ipteks.
Untuk menjadi wirausahawan, mahasiswa perlu dibekali kemampuan praktis yang mencakup keterampilan menerapkan Ipteks yang dipahami, keahlian manajemen dan pemasaran serta adopsi inovasi teknologi. Pengalaman ini dapat diperoleh mahasiswa melalui Kuliah Kerja Usaha. Kemampuan praktis ditumbuhkembangkan dengan berperan aktif membantu berkembangnya usaha rumah tangga atau usaha kecil menengah tempat mahasiswa bermitra.
Mahasiswa pelaksana KKU, selain belajar berwirausaha, juga menerapkan Ipteks yang dikuasai seperti penyempurnaan proses produksi, peningkatan kualitas produk dan jasa, penyempurnaan manajemen usaha, maupun pembenahan metoda pemasaran. Inilah yang membedakan KKU dengan MKU. Sambil membantu menata proses produksi atau pemasaran produk, mahasiswa belajar cara berkomunikasi dengan pengusaha, pegawai, konsumen, tengkulak, penjual eceran dan grosir sehingga mendorong tumbuhnya kedewasaan berpikir, berucap dan bertindak.
Aspek kewirausahaan yang mewarnai KKU inilah yang membedakan KKU dengan Kuliah Kerja Nyata maupun Praktek Kerja. Kegiatan KKU dapat menumbuhkembangkan calon wirausahawan yang handal dan mandiri dari kalangan mahasiswa melalui proses aktif yang berprinsip pada pemihakan dan pemberdayaan masyarakat dalam rangka mendorong peningkatan pertumbuhan usaha kecil menengah.
Tujuan khusus yang ingin dicapai dari KKU adalah:
- Berkembangnya budaya kewirausahaan di perguruan tinggi
- Terwujudnya calon sarjana yang cendekiawan dan berjiwa kewirausahaan serta sadar dengan masalah lingkungannya
- Menumbuhkembangkan usaha kecil menengah yang memiliki daya saing tinggi dari segi kualitas produk/jasa, kinerja dan pemasaran
Kuliah Kerja Usaha dilaksanakan oleh suatu Tim Dosen dibentuk LPM dalam suatu wilayah dengan lingkup dan tahapan :
- Pembekalan bagi mahasiswa KKU dalam rangka membangkitkan potensi wirausaha, menyamakan persepsi sifat dan karakteristik UKM serta cara untuk meningkatkan usahanya, dan meningkatkan kesiapan mahasiswa untuk pendekatan sosial, dinamika kelompok dan teknologi tepat guna dan tepat usaha
- Pemutakhiran data awal melalui identifikasi lokasi, masyarakat dan potensinya
- Pelaksanaan KKU di UKM Mitra
- Pemantauan dan pembimbingan oleh dosen pembimbing secara berkala
- Evaluasi pelaksanaan KKU oleh tim pelaksana terutama untuk mengetahui potensi ekonomi produk, nilai tambah produk dari sisi Ipteks, manfaat bagi mitra usaha, bagi peserta KKU, tim pelaksana/pembimbing dan nilai tambah bagi institusi pelaksana
- Penyusunan business plan oleh mahasiswa peserta KKU
Pelaksanaan KKU disebut berhasil apabila :
- Pengusaha mitra KKU merasakan manfaat KKU
- Terwujudnya perangkat/proses produksi, manajemen dan pemasaran yang telah disempurnakan peserta KKU
- Hasil evaluasi kegiatan KKU dari mahasiswa, mitra KKU dan dosen pembimbing memperlihatkan manfaat yang besar baik dari segi pengalaman menerapkan Ipteks dalam peningkatan kualitas produk mitra, tumbuhnya jiwa kewirausahaan peserta, maupun peningkatan bisnis mitra KKU
- Paling sedikit 40% dari mitra KKU mampu membuat proposal WUB atau proposal pengajuan kredit yang dinilai layak dilaksanakan oleh pembimbing. Dana yang dialokasikan untuk KKU sebesar Rp. 30.000.000,- untuk 10–30 mahasiswa peserta, dengan peruntukan honorarium (maksimum 20%) untuk tim pelaksana, pembimbing KKU, dan pengajar pembekalan. Selebihnya untuk bahan habis pakai, biaya perjalanan pembimbing peserta KKU, tim pemantau, dan dokumentasi serta biaya pembuatan alat untuk menyempurnakan proses produksi dan pemasaran